Social Icons

Pages

Kamis, 05 Desember 2013

JADILAH PEBISNIS BUKAN PEDAGANG







Sebuah pepatah mengatakan “Bisnisnya jalan,pebisnisnya jalan-jalan

Itu sebuah ungkapan bahwa betapa hebatnya seorang pebisnis dimana usaha yang ia jalankan berjalan
dengan lancar dan dia bisa menikmati waktunya untuk bersantai kemanapun ia suka.

Sebuah kisah di Kota Malang, seorang kakek penjual kacang rebus yang sudah tua renta menjajakan dagangannya di persimpangan jalan salah satu daerah di sudut kota. Hal ini telah ia lakukan semenjak tahun 60-an; dengan dagangan yang sama,tempat yang sama, volume dagangan yang relatif sama juga yaitu berkisar antara 3-5 kg kacang rebus dan itu dia lakukan setiap setiap sore sampai menjelang larut malam. Bayangkan 50 tahun lebih berjualan dengan kondisi yang sama tanpa perubahan, tanpa peningkatan omset, bahkan tanpa ada karyawan. Ini disebabkan karena polanya masih system berdagang bukan berbisnis.
Satu sisi memang itu pekerjaan yang mulia, karena dengan kondisi kakek tersebut yang sudah udzur, tetapi dia masih sanggup mencari nafkah tanpa mengemis dan berharap belas kasihan orang lain. Namun sisi lain pola pikir pedagang masih sangat melekat dalam dirinya, entah itu-pun karena dia tidak berpikir muluk-muluk, yang penting “dapur berasap” tanpa berpikir bagaimana bisa menghasilkan keuntungan sebanyak-banyaknya dari hasil dagangannya.

Seorang pebisnis berpikir bagaimana agar dia bisa menggerakkan orang lain untuk bisa menjalankan bisnisnya. Sebuah contoh: membuka usaha Pangkas Rambut; orang yang memiliki jiwa bisnis dia tidak langsung turun tangan menjadi tukang pangkas karena dia tau kalau kerjaannya ngurusin rambut orang dia tidak akan punya waktu lain, melainkan dia membuka usaha serta mencari karyawan untuk bekerja.

Ini mungkin sekelumit cerita yang bisa jadi bahan pemkiran buat kita. Oleh karena itu, jadilah anda pebisnis bukan pedagang.

Memang untuk membuka usaha tidaklah mudah, modal, marketing plan, strategi pasar, tingkat kebutuhan masyarakat, daya beli masyarakat semua itu harus betul-betul dipertimbangkan. Bagi anda yang selama ini berdagang, berpikirlah bagaimana menjadi pebisnis, menggerakkan karyawan untuk bekerja dengan anda.


Semoga bermanfaat.

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar